Rabu, 04 September 2013

[KNOWLEDGE] Life Skills ABRSM in Indonesia

Life skill adalah pendidikan yang memberrikan kecakapan personal, kecakapan social, kecakapan intelektual dan kecakapan vokasional untuk bekerja, berusaha dan atau hidup mandiri. Kevin Trisna (12), siswa SMP Terang Bangsa peraih grade tertinggi piano dan biola dari Associated Broad of the Royal Schools of Music (ABRSM). ABRSM adalah salah satu sertifikasi bidang music bertaraf internasional yang berlokasi di 24 Portland Place, London, Inggris. Kevin telah menjuarai lebih dari 10 kompetisi piano dan biola di usianya yang masih kecil.


Sekolah music yang menjadi tempat belajar Kevin adalah Melodi Music School. Melodi Music School adalah sebuah lembaga pendidikan non formal yang mengembangkan life skill seseorang di bidang music atau seni. Meskipun demikian, Melodi Music school telah mengembangkan life skill siswa-siswanya menjadi juara dalam berbagai kompetisi. Diakui oleh direktur Melodi Music School bahwa dukungan orang tua sangat berperan dalam perkembangan life skill seseorang. Bakat yang telah diasah tersebut bisa mengantarkan siswa Melodi Music School menjadi musisi besar.


Jadi dapat disimpulkan bahwa dukungan dari keluarga terutama kedua orang tua sangat berpengaruh dalam perkembangan life skill seseorang. Banyak orang tua yang melarang anaknya bermusik karena menganggap orang yang gemar dengan music itu hidupnya tidak akan berhasil, akan tetapi anggapan itu keliru. Seseorang yang hobi dengan seni bahkan berbakat dalam seni dan bisa menyalurkan kegemarannya itu dalam music, maka orang itu akan mempunyai kepuasan hati tersendiri. Dan jika orang itu sangat mahir dalam bermusik, bisa mengantarkannya menjadi musisi profesional.Bakat atau kemampuan hidup yang dimiliki setiap orang itu berbeda-beda. Jadi janganlah kita menjadikan keberhasilan seseorang dalam bidang tertentu menjadi patokan baku untuk menentukan jalan hidup kita. Kembangkanlah bakat yang kita miliki agar menjadi sesuatu yang berguna bagi kehidupan kita.


Tidak ada komentar: